Pengertian Kualitas Film

1. Bluray/HD
Kualitas film sangat bagus. resolusi film cukup besar yaitu 1920?1080 atau 1280?720. kualitas ini mempunyai gambar jernih dan suara jelas. biasanya pada kualitas ini sering disebut dengan HD ( High Definition). karena resolusi filmnya yang besar, maka size filmnya juga cukup besar. biasanya kualitas Bluray disimpan dengan format film.mkv

2. m-HD
Kepanjangan dari mini-HD. Kualitasnya tidak kalah dengan Bluray. hanya saja resolusinya lebih kecil. jadi sizenya juga lebih kecil dibanding Bluray. sama seperti Bluray kualitas m-HD juga biasanya disimpan dengan format film .mkv

3. BRrip
Merupakan hasil rip dari bluray, atau lebih mudahnya salinan dari Bluray. Kualitas film bagus, mirip seperti Bluray. gambar jernih dan suara jelas. dan juga biasa disimpan dengan format film .mkv

4. DVDRip
Merupakan hasil rip atau salinan dari DVD original atau asli. Kualitas film cukup bagus. biasanya resolusi filmnya 720x480 dan 720x576. Kualitas film DVDRip biasanya keluar setelah DVD asli sudah dirilis. gambar dan suara tergolong bagus layaknya DVD aslinya

5. WEB-DL
Kualitas film cukup baik (tidak terlalu buruk). Film-film kualitas WEB-DL biasanya berasal dari penyedia film yang ada pada jaringan internet. Kualitas gambar dan suara hampir seperti BRrip, dan juga biasanya di rilis sebelum BRrip. Resolusi yang biasa terdapat pada WEB-DL adalah 720p dan 1080p.

6. DVDScr
Merupakan duplikat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. Kualitas film DVDScr biasanya dirilis sebelum DVDRip. Kualitas film tergolong kurang bagus, gambar dan suara hampir seperti DVDRip. Hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan yang dapat mengganggu penontonnya.

7. RC/R6
Merupakan hasil rekaman dengan kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi pada kualitas suara tergolong buruk. karena mungkin saja terdapat noise yang ikut terekam.

8. R5
Kualitas gambar hampir mirip dengan DVDRip. tetapi pada kualitas suara sepertinya kurang baik, tetapi ada juga yang baik. Sama seperti RC/R6, pada kualitas R5 mungkin terdapat noise yang ikut terekam, sehingga bisa menggangu penonton.

9. CAM/HDCAM
Kualitas jenis ini merupakan hasil rekaman dari camera digital yang langsung di ambil pad bioskop. Untuk kualitas filmnya sangat mengerikan, karena kadang-kadang ada orang/pengunjung lain yang ikut terekam, dan pada kualitas film ini biasanya terdapat goncangan. kelebihan dari kualitas film ini adalah rilisnya paling pertama, dan size filmnya yang kecil.

10. TS/HDTS
kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas suaranya sudah ditimpa memakai suara yang bagus, tetapi kualitas gambarnya sama saja dengan CAM.

11. TC (Telecine)
Hasil salinan film secara digital langsung dari pita film proyektor. Kualitas film cukup baik. Kualitas ini jarang sekali ditemmukan karena mahalnya biaya pembuatan.

12. VHSRip
Merupakan hasil copyan dari kaset VHS yang sudah dirilis secara resmi. Tetapi pada jaman sekarang sudah mulai jarang ditemukan.

13. Workprint
Biasanya ada efek visual yang belum diedit. terkadang juga terdapat adegan yang hilang. kualitas film sangat bervariasi
Pengertian Kualitas Film Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown